Profil COSA

Posted by Counseling Students Association Kamis, 06 Mei 2010 0 komentar

A. Latar Belakang
Konsentrasi Bimbingan dan Konseling pada jurusan Kependidikan Islam mempunyai tujuan untuk mencetak konselor yang profesional. Konsekwensi logis dari tujuan tersebut adalah keharusan bagi lembaga untuk menyediakan fasilitas yang menunjang mahasiswa untuk menjadi konselor professional dan pengajar yang professional. Pada kenyataannya tidak demikian, fasilitas seperti laboratorium dan alat-alat penunjang lainnya tidak ada bahkan pengajar yang tidak mempunyai latar belakang Bimbingan dan Konseling juga mengajar konseling. Mungkin pada tataran teori mereka bisa tapi pada tataran praktiknya hamper tidak mengerti sama sekali. 
Tak heran jika banyak keluhan alumni BK yang tidak diterima disekolah-sekolah sebagai guru pembimbing. Harapan mereka pupus ditengah jalan. Tidak hanya itu, bagi mahasiswa yang melakukan praktik kerja lapangan (PKL) harus kebingungan ketika dihadapkan dengan dunia nyata karena mereka tidak pernah melakukan praktikum dikampusnya.
Oleh karena kenyataan itulah pemikiran mahasiswa terbagi menjadi dua: mahasiswa yang mulai resah bahkan menyesal mengambil jurusan KI yang bagi mereka dianggap jurusan banci (tidak jelas arahnya) dan mahasiswa yang melihat kenyataannya itu sebagai tantangan yang harus dilalui, mereka menganggap bahwa fasilitas dan pengajar yang professional bukanlah segala-segalanya untuk mencetak konselor yang profesional akan tetapi tergantung pada keinginan mahasiswanya sendiri, mau menjadi konselor profesional atau tidak! Dari itulah Counseling Students Association (COSA) digagas untuk menambah pengetahuan konseling yang dibentuk dalam kajian, pelatihan dan penelitian diluar kampus. 
Counseling Students Association (COSA) adalah sebuah komunitas belajar yang dirintis oleh sekelompok mahasiswa Tarbiyah jurusan kependidikan islam yang mengambil konsentrasi di bimbingan konseling (BK) karena tidak puas dengan system pembelajaran yang ada di Jurusannya. COSA mulai lahir pada tanggal 9 Desember 2009, yang bertempat di perguruan tinggi IAIN Sunan Ampel Surabaya setelah melalui proses panjang dan tantangan yang terus menimpa, bahkan sesekali ada sekelompok organisasi yang sengaja menghambat dan menggembosi keinginan segelintir mahasiswa itu.
 
COSA bermaksud menjadi salah satu sarana untuk pengembangan dan pembentukan intelektual mahasiswa IAIN Sunan Ampel pada umumnya dan mahasiswa konsentrasi BK pada khususnya, terkait bidang bimbingan dan konseling. Dari itulah, diharapkan alumni COSA menjadi pendidik dan Konselor yang profesional. 
B. Visi
Counseling Students Assosiation (COSA) adalah terwujudnya para pendidik dan para konselor yang profesional, berwawasan dan berengetahuan tinggi dan mampu bersaing di ranah regional maupun nasional.
A. Misi
1. Menciptakan insan intelektual yang mempunyai moral dan budi pekerti yang baik
2. Mencetak mahasiswa yang alim terhadap ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling melalui berbagai kajian, pelatihan dan penelitian.
3. Menjadikan pendidik dan konselor yang berwawasan dan mempunyai jaringan yang luas.
4. Membangun karakteristik mahasiswa yang progresif dan peka terhadap tantangan zaman



   


0 Responses so far.

Posting Komentar