Human Development

Posted by Counseling Students Association Minggu, 22 Agustus 2010 0 komentar

1. Sekilas Perkembangan Manusia
a. Perkemabangan manusia di pengaruhi oleh factor internal dan eksternal, internal berarti di pengaruhi oleh sifat bawaan dan eksternal adalah pengaruh lingkungan selalu memberikan kontibusi bagi kehidupan.
b. Teori perkembangan terbagi menjadi tiga isu; relativitas keturunan nilai penting ketirunan dan lingkungan, perkebangan bersifat aktif dan atau pasif serta keberadaan tahapan perkembangan.
c. Hal yang mengalami perkembangan pada manusia adalah fisik, kognitif dan psikososial. Yang ketiganya saling mempengaruhi.
2. Masa Awal 
a. Proses terjadinya kehamilan berawal dari pembuahan, persatuan ovum dan sperma sehingga menghasilakn formasi zigot bersel tunggal yang kemudian terjadi proses penggandaan dengan melakukan pemecahan sel.
b. Tahapan persalinan dimulai dari dilasi serviks, baru kemudian keluar bayinya, setelah itu plasenta dan tali pusarnya keluar dan yang terakhir kontraksi uterus dan atau pemulihan ibu.
c. Perkembangan kebahasaan anak sebelum bias berbahasa dapat berbentu tangisan, menoceh dan menirukan suara. Baru setelah 6 bulan anak mulai mempelajari dasar-dasar bahasa dan mulai menyadari keterkaitan bahasa dengan makna.  
3. Masa Kanak-Kanak Awal
a. Pertkembangan masa kanak-kanak awal berkembang dengan kehidupan pribadinya tetapi tidak menutup kemungkinan proses psikososialnya berkembang mengikuti perkembangannya. 
b. Anak pada masa ini, bertanggung jawab terhadap berbagai perubahan utamanya. Tetpai tidak bias membedakan diri yang sebenarnya dan diri yang ideal. 
4. Masa Kanak-Kanak Pertengahan.
a. Kesehatan anak masa ini lebih baik dibandingkan dengan seluruh tahapan kehidupan. Tetapi yang biasa terjadi gangguan saluran pernafsan sering terjadi. Makaanya sebagai orang tua harus memperhatikan lingkungan yang berpotensi menimbulkan gangguan pada pernafasan anaknya
b. Konsep diri menjadi lebih realistis dan semakin kompleks. Maka sebagai orang tua harus meningkatkan pengawasannya agar anak tidak berkembang dalam keadaan yang tidak dinginkan.
c. Egoisme yang terjadi pada masa kanak-kanak awal, kini mulai menghilang dan mulai berfikir menggunakan logika tetapi dari logika itu harus teraplikasi dengan kongkrit.
d. Peningkatan kebahasaan anak semakin meningkat yang memunkinkan anak bias mempelajari bahasa yang bukan dari bahasa ibunya.
5. Masa Remaja
a. Masa remaja adalah masa transisi perkembangan yang yang ditandai dengan terjadinya perubahan fisik dan kognitif secara cepat.
b. Kematangan reproduktif terjadi dengan matang sehingga kalau tidak ada kesadaran yang tinggi akan brtindak sesuai dengan keinginan hawa nafsunya, onani dan masturbasi adalah jalan cepat untuk memuaskan keinginan nafsunya.
c. Perkembangan psikososial terjadi yang ditandai dengan pencarian identitasnya dan kecenderungan untuk bergaul dengan teman sebayanya meningkat, dikelompok itu anak akan dipengaruhi oleh teman sebayanya.  
6. Masa Dewasa Awal
a. Perkembangan fisik sampai pada puncaknya yang kemudian secara perlahan-lahan akan menurun tergantung pada pilihan gaya hidupnya yang secara langsung berpengaruh terhadap kesehatan dan mentalnya.
b. Masa dewasa awal ini terjadi pencerahan dalam menentukan pilihannya. Anak mulai bisa menentukan pilihan hidupnya antara melanjutkan sekolah atau berkarier. Memperbanyak informasi adalah jalan utama dalam menentukan tugas selanjutnya.
c. Kebanyakan orang pada masa ini telah menikah dan sudah mempunyai anak, sehingga kepribadian dan arah hidupnya mulai jelas dan memiliki focus tertentu. 

7. Masa Dewasa Pertengahan
a. Kreatifitas orang menurun secara kuantitas tetapi secara kualitas meningkat, karena yang dicari adalah kesempurnaan bukan banyaknya produk yang dihasilkan.
b. Proses pemecahan masalah semakin meningkat karena di topang oleh tingkat kematangannya dalam bersosial dan taraf mentalnya mencapai puncak kematangan.
c. Mempunyai tanggung jawab yang ganda yaitu merawat anak-anaknya dan merawat orang tuanya yang sudah mulai lemah. Sehingga stress terkadang terjadi kalau tidak di tekan dengan berbagai pengetahuannya. Maka bersikaplah tenang dalam menjalani kehidupan masa itu.
8. Masa Dewasa Akhir
a. System dan organ tubuh terus berfungsi berubah secara bervariasi dan dapat menghasilkan penyakit yang pada akhirnya akan mempengaruhi gaya hidupnya
b. Masa yang besar kemunkinan untuk terus terjadi penuan yang pada akhirnya akan mengalami penuaan yang tidak sempurna, sehingga perlu mulai sejak dini mengamalkan pola hidup sehat.
c. Umumnya, kemampuan untuk melakukan aktivitas instrumental rutinitas sehari-hari menurun sejalan dengan usia, namun kemampuan untuk memecahkan masalah yang bersifat interpersonal dan emosional masih cukup baik.
9. Akhir Kehidupan
a. Setiap daerah yang berbeda secara kultur, dalam menghadapi kematian dan atau kehilangan sang bervariasi sesuai dengan kultur yang dibangun oleh setiap daerah. 
b. Sebelum meninggal, kemampuan kognitif dan fungsionalnya menurun dan terdapat reaksi yang bervariasi dalam mengahadapi ajal yaitu: menolak kematian, marah, bernegoasiasi, depresi dan atau menerima kematian yang akan menjemputnya itu. 
c. Kematian merupakan yang wajar dan harus terjadi bagi bagi makhluk hidup, maka tidak usah khawatir, dan mulai sekarang perbanyaklah bekal untuk itu.

0 Responses so far.

Posting Komentar